Karmarati Online

and Long-Distance Program

SEPTEMBER - OKTOBER 2019

CHAKRA WORK & EMBODIMENT:

Righteousness & Observation

Introduction to Practice

 

Welcome, Dear Members!

Ini adalah halaman khusus untuk practice bagi members Chakra Work and Embodiment, Program One (Righteousness and Observation).

 

Program ini adalah program integratif antara psikologi dan energi (Chakra System dikenal bersifat psycho-energy).

 

Semua latihan di sini disusun dan diformulasikan berdasarkan pengalaman saya selama mengajar dan menangani isu-isu psycho-energetic. Dengan demikian, saya mengharapkan para members untuk menjaga dengan baik hal-hal yang disebutkan dalam Disclaimers program ini untuk menjaga kita dari hal-hal yang tidak diharapkan. Selain itu, jika ada persoalan terkait dengan efek latihan, bisa berkomentar dalam postingan yang relevan di Facebook Group kita.

 

Perlu saya jelaskan pula bahwa efek latihan sangat bervariasi tergantung dari kondisi energi dan psikologis masing-masing. Demikian pula peningkatan awareness yang diakibatkan oleh afirmasi dan intensi akan membuat perhatian kita menjadi lebih terfokus pada hal-hal tertentu dalam diri dan tubuh kita. Pengalaman saya, tidak ada hal yang berbahaya dari efek-efek ini selama kita menjaga etika dan menjaga kemampuan untuk centering pada diri sendiri.

Disclaimers

 

  1. Menggunakan akses ini sepenuhnya untuk kepentingan pribadi, tidak melakukan share membership. Satu membership akses hanya untuk satu orang saja.

  2. Menggunakan informasi, pengetahuan dan latihan ini hanya untuk kepentingan empowerment and embodiment practice diri sendiri, tidak untuk diajarkan pada pihak lain dan/atau untuk kepentingan komersial lain.

  3. Karmarati tidak bertanggung jawab atas hal ini (tersebut di atas) dan berhak memutuskan kepesertaan jika dianggap merugikan.

  4. Semua informasi, saran dan rekomendasi dalam program ini tidak menggantikan saran ahli medis dan psikolog. Jika sedang dalam pengobatan dan perawatan, mohon berdiskusi terlebih dahulu dengan para ahli tersebut.

  5. Informasi dalam program ini mengandung pendapat pribadi yang tidak dimaksudkan untuk dikaitkan dengan konteks lainnya di luar dari konteks pembahasan masing-masing kelas. Interpretasi yang tepat sangat disarankan untuk tetap menjaga batasan konteks bahasan.

Energy Practice #1

IMG_1652.jpg

Disarankan untuk melakukan latihan ini berturut-turut selama 14 hari untuk meningkatkan sensitivitas pada awareness dan observation.

Fokus dalam Energy Practice #1:

  • Awareness of basic insecurities and judgment.

  • Awareness of space and comfort of observation.

Affirmations:

Pertama -

“I am aware of my insecurities and my judgments”

Fokuskan perhatian pada area perut bawah dan telapak tangan kiri.

 

Kedua -

“I am aware of the space between my insecurity and my security. And I find comfort and possibilities in that space as I observe.”

Fokuskan perhatian pada space/ruang di sekitar perut bagian bawah, bagian tengah, bagian atas, area dada dan tenggorokan.

Recommendations:

  • Menyimpan catatan pengalaman selama latihan. Ini selalu berguna.

  • Berpegangan pada keyakinan bahwa segala sesuatu yang kita lalui adalah suatu proses, sehingga bukan hal yang final.

  • Menjaga kemampuan centering dengan berbagai kebiasaan personal seperti: rutinitas doa, rutinitas latihan-latihan yang integratif (olah raga dan olah mental, yoga, martial arts, sports), self-regulation (disiplin harian) untuk mengurangi clutter pada mental dan emosional.

  • Tidak terburu-buru dalam latihan dan kegiatan sehari-hari. Terburu-buru mengakibatkan gangguan awareness dan centering. Jika dirimu sering terlambat - misalnya - ubahlah self-regulationmu, bukan membiasakan diri dengan last-minute habits.

  • Membina hubungan yang sehat dengan konsumsi, baik itu dalam kegiatan konsumsi makanan, belanja dan konsumsi informasi (termasuk menonton dan browsing berlebihan). Membiasakan merasa “cukup” mengenai hal-hal tsb.