2020 KARMARATI

STORIES

The yoga and chakra students at KARMARATI (actually we called them ‘friends,’ not ‘students’) have gone through their own interesting journeys as they opened themselves up to self-transformation practices here. These are some of the stories our friends share to illustrate their experiences. 

 

Sejauh ini, para murid yoga dan chakra yang hadir di KARMARATI (kami menganggap mereka “teman seperjalanan”, bukan “murid) telah melalui perjalanan masing-masing yang penuh dengan tantangan menarik. Semua ini terjadi saat mereka membuka diri terhadap latihan-latihan transformasi diri yang dialami di sini. Berikut ini adalah kisah-kisah yang mereka ceritakan sebagai gambaran dari pengalaman mereka.

Dede

a life warrior

Jakarta

"Saya sudah melewati perjalanan yang jauh sekali – kadang melelahkan tetapi lebih banyak yang menginspirasi. Penemuan diri hanya bisa dilakukan oleh diri sendiri dan kadang temuan tidak sesuai dengan yang kita harapkan, tetapi memang harus dihadapi. Jika kita tidak mau menghadapinya sekarang, pasti akan dipertemukan kembali satu hari nanti dan bisa jadi dalam keadaan lebih parah.

 

Jadi, lebih baik diselesaikan sekarang hal-hal yang harus diselesaikan agar tidak lagi membawa bagasi terlalu banyak dalam kehidupan. Sehingga lebih dapat fokus untuk bakti pada kehidupan alam semesta dan berbuat baik bagi diri dan sesama.” 

​​

Chakra Psychology, 2014 - CETC (Chakra Energy Trainer Course), 2017

Jane

full-time yoga teacher & former banker

Jakarta

“Saya mendapatkan penjelasan dan pencerahan mengerti mengenai diri saya, alasan-alasan mengapa saya merasakan sesuatu. Saya mengenal diri saya, menerima dan mencintai diri saya dan tahu hal-hal yang bisa saya perbaiki untuk 'the growth of the soul', menjalani dharma saya dan hidup lebih efisien serta efektif.”

Manika (not a real name)

professional singer & yoga practitioner

Jakarta

"Saya mengalami sendiri sakit di badan yang bertahun-tahun ada – saya menetapkan intensi untuk memahami dan sembuh. Secara jelas saya pun akhirnya mengetahui penyebabnya dan kemudian menerapkan latihan yang diajarkan di Karmarati, itu berhasil."

“Sebenarnya sangat banyak pengalaman yang didapat dan semua besar artinya karena membuat saya berubah menjadi lebih baik dalam mengenal diri saya."

David (not a real name)

wellness instructor 

Jakarta and traveling

“It changed me to be brave in making decisions and follow my intuitions more from my body wisdom.”

Muty

a continuous learner

Jakarta

“Saya belajar bahwa ketakutan dan kebingungan yang saya alami adalah hal yang wajar terjadi, yang penting bagaimana saya menerima dan terus memperbaiki diri. Sepanjang mengikuti program-program Karmarati, saya sadar bahwa saya bukan kegagalan, banyak hal baik dalam diri saya. Kadang saya merasa terlalu keras ke diri sendiri, lalu belajar afirmasi dan body blessing yang membantu saya kembali tersenyum."

 

"I know my value, my worth, my priorities, what I can do (and cannot do just yet). Pelan-pelan saya menata hati, logika, emosi, dan niat saya untuk hidup, mencapai mastery dan bisa terus ber-dharma. This is my journey, I am blessed and I choose to stop comparing mine to others.”

Hani (not a real name)

healing practitioner

Jakarta

“Cara pandang terhadap diri berubah, lebih menyayangi dan menghargai, walaupun inner critic dan resistensi tetap ada.  Secara fisik, saya baru menyadari bahwa bagian-bagian tubuh dapat digerakkan dengan berbagai macam possibilities.”

Elisabeth Ireng

full-time yoga teacher 

Jakarta

“Saya belajar memahami kerentanan diri sendiri dan orang lain sehingga tidak dengan mudah memberikan judgement dan kritik ke diri sendiri dan orang lain, melainkan memahami bahwa setiap orang punya pengalaman dan situasinya masing masing.” 

 

“Belajar disiplin menjaga boundary dengan semua latihan yang diajarkan, karena penting untuk memperkuat batasan dan ground milik diri sendiri ketika berhadapan dengan mereka, bukan untuk membuat jarak lebih kuat, tapi memahami kepemilikan energi.”

Adrasteia (not a real name) 

full-time yoga teacher 

Jakarta

“Saya sangat bersyukur dapat mengikuti Chakra Energy Trainer Course (CETC). Saya alami, saya develop, saya berubah, saya lebih mengenal siapa diri saya, apa yang saya inginkan, apa pilihan saya, dan mengerti kenapa semua ini terjadi. Saya juga mengerti reaksi tubuh dan bagaimana cara mengatasi hal-hal tertentu, lebih aware dan conscious. Hal ini tentu saja membantu saya untuk lebih baik dalam melihat inti dari permasalahan, terutama apa yang perlu dilihat."

Chakra Energy Trainer Course (CETC), 2017

Nandinne

freelance writer, yoga teacher

Jakarta

"When I rush and force things to suit my expectation, I will not be able to enjoy the process."

"Karmarati adalah tempat saya menemukan semua yang saya cari selama ini, bahkan semua yang saya tidak cari selama ini. And it helps me shapes me into someone I never knew existed." 

Maia (not a real name)

full-time yoga teacher 

Jakarta

"Mendapatkan banyak sekali pencerahan yang membuat saya lebih bisa menerima keadaan apa adanya. Selain itu saya memeroleh peningkatan diri secara fisik dan mental-emosional. Secara energi, psikologis dan emosi menjadi lebih stabil dan ada kebahagian luar dan dalam. Hal ini selalu mengingatkan saya akan pentingnya untuk mencintai dan menghormati diri sendiri."

"Meningkatkan sensitivitas, pengertian dan kesadaran diri dan membantu saya mengubah prasangka yang muncul menjadi suatu pengertian yang bijaksana."

Jane

full time yoga teacher & former banker 

Jakarta

"Belajar “mirroring”. Ternyata saya juga punya ya hal-hal yang saya tidak suka dari orang lain. Semakin saya tidak suka, justru semakin kental hal tersebut dalam diri saya. Kalau saya mau orang itu berubah, tidak mengganggu saya lagi, ternyata perlu dimulai dari diri saya sendiri. Sungguh fakta yang mengejutkan, menyebalkan tapi benar. Ini pembelajaran yang paling berkesan buat saya."

Chakra Psychology, 2014

Jane

full time yoga teacher & former banker

Jakarta

"Saya selalu menganggap fisik saya banyak kekurangan dan keterbatasan. Dengan pulsing, contraction and expansion, saya diajak mempersiapkan tubuh dan berada di dalam asana tanpa menderita. Setelah kelas, badan terasa lebih ringan dan nyaman. Inner experience, not the shape, hal ini yang selalu diulang-ulang di dalam kelas."

Brahmani Yoga (classes & workshops)

Adrasteia (not a real name) 

full-time yoga teacher 

Jakarta

"Dari Brahmani special classes, saya memahami basic and important knowledge yang membantu dalam saya mengajar."

Brahmani Yoga (classes & workshops)

Nandinne

freelance writer, yoga teacher

Jakarta

"Saya belajar hal paling penting yang harus saya pelajari; gentleness. Melepaskan obsesi-obsesi terhadap diri sendiri dan orang lain, melepaskan ketegangan-ketegangan di tubuh dengan menggunakan kelembutan, serta menemukan makna power yang sesungguhnya. Intinya, saya belajar (dan terus belajar) melepaskan satu persatu lapisan benteng yang saya bangun untuk melindungi saya, yang sebenarnya sudah tidak berlaku lagi sekarang." 

Awakening Women Series, Lunar Series, Drama Detox, 2017 - 2018

Jane

full time yoga teacher & former banker

Jakarta

"Mba Thelma memperkenalkan Tarot sebagai media untuk berlatih intuisi, dan bukan untuk meramal masa depan. Images from Tarot deck help us to understand ourselves, as a mirror of what is in the inside."

Intuitive Tarot Workshop, 2017

Nandinne

freelance writer, yoga teacher

Jakarta

"The question is, “Do you only want to see the convenient truth, and avoid the inconvenient, insignificant, and simple message?”

"Seringkali saya menolak melihat hal-hal sederhana karena merasa kurang puas dan bahwa sophistication is never simple. Dalam sesi privat Akashic Reading saya dibawa melihat segala sesuatu apa adanya dan membaca semua simbol dengan jujur, terlepas dari ikatan emosi dan penilaian bahwa hal itu penting dan yang lain kurang atau tidak penting. Saya belajar bahwa semua yang terjadi di sekitar saya, baik itu menyenangkan atau tidak, adalah pintu ke berbagai tujuan. Bagian saya adalah bagaimana memperlakukan mereka sesuai dengan intention saya."

Private Consultation Session with Thelma

Jane

full time yoga teacher & former banker

Jakarta

"I have the power to accept all results, any result."

"Kalimat ini yang paling berkesan dan mengena. Pikiran tidak bisa dihentikan, tidak bisa saya kontrol. Yang bisa saya lakukan dan saya kontrol adalah reaksi saya terhadap pikiran itu. Ada berjuta kemungkinan, pilihan yang bisa saya pilih untuk bereaksi terhadap pikiran saya sendiri. I have the power to choose so I responsible for my own actions."

The Chakras, Attraction and Manifestation, 2018

Rina Respati

Yayasan Aksi Peduli Bangsa

Jakarta

"Pertama berkenalan dengan Karmarati di Namaste Festival 2014 dan sejak saat itu rasa penasaran yang sangat besar dan didukung oleh kebutuhan mencari pola pikir baru membawa saya mengikuti beragam program di Karmarati. "

"Karmarati memberikan banyak tools yang dapat saya gunakan untuk mengubah pandangan dan pola pikir dalam menjalani kehidupan saya sehari-hari. Saya pun akhirnya dapat menentukan peran saya di dalam masyarakat dan berjalan seirama dengan tujuan yang saya pilih untuk diri saya sendiri tersebut."

Adrasteia (not a real name) 

full-time yoga teacher 

Jakarta

The Teaching

"Berawal dari sama sekali tidak mengerti apa itu Chakra sampai akhirnya mengikuti program Chakra Energy Trainer Course (CETC) sepanjang tahun 2017. Amazing journey! Metode yang digunakan sangat aplikatif dan sederhana. Yang utamanya dibutuhkan adalah disiplin dan rutin."  

"Pembelajaran yang saya dapatkan adalah mengenal, menerima dan mencintai diri sendiri; mengetahui dan mengerti latar belakang semua hal yang terjadi di sekitar saya dan bagaimana berpartisipasi agar semua menjadi lebih baik untuk diri kita, orang lain, dan dunia ini."

Chakra Energy Trainer Course (CETC), 2017

M (not a real name) 

full-time yoga teacher 

Jakarta

Sejak pertama kali mengikuti program-program yang diadakan di Karmarati, biasanya sudah muncul suatu rasa, emosi, sensasi fisik atau intuisi sebelum hari-H. Sepanjang mengikuti program, banyak pengalaman-pengalaman langsung yang dirasakan dan ini memberi pesan dari semua ignorance yang kuat. Banyak Aha moment didapat selama dan bahkan setelah program. 

Apa saja Aha moment yang pernah aku alami?

 

Aku sulit untuk menangis. Ini terjadi di salah satu program Shakti Dance yaitu Saraswati, dimana setelah sesi dance itu, kita duduk hening untuk kontemplasi. Ini adalah pengalaman yang tak terlupakan dan beyond words bahwa saya merasakan sosok penuh cinta kasih dengan sinarnya yang lembut dan terang mengangkat diriku tinggi diatas awan untuk menunjukkan padaku apa yang terjadi di bawah, dan pesan jelas Dewi Saraswati padaku bahwa: ‘Engkau adalah ekspresi cinta yang dipenuhi dengan cinta kasih dan cahaya yang menerangi, bahwa engkau tidaklah sendiri, jangan kuatir dan malu, bahwa engkau akan selalu bersama dalam lindunganKu. The real Guru is within You and I am your GURU’ Sontak emosi dan tangis langsung meledak tak terbendung. Aku merasakan cinta murni yang luar biasa menyentuh ke lubuk hati yang paling dalam. Pengalaman yang sangat personal ini memberikan rasa cinta, percaya diri dan bahagia dalam menjalankan hidup sehari-hari sekaligus membuka suatu penghalang dalam diriku yang selama ini menutup hati dan pikiranku.

 

“Everything happens for a reason and come to you at the right moment”

Mengenal dan mengikuti program dari Karmarati selama ini seperti mempersiapkan aku agar lebih kuat dan percaya diri dalam menghadapi segala permasalahan hidup yang berlangsung. Apa ada orang hidup yang tidak punya masalah? Masalah atau kejadian bisa datang tak terduga, suatu kejadian yang membuatku kecewa, sedih, suatu kehilangan yang amat sangat dengan orang yang selama ini dekat dan dicintai membuatku hilang kendali atas tubuh, hati dan pikiran. Detak jantung yang cepat tak teratur, badan dan kaki yang tiba-tiba lemas tidak bisa digerakkan, seperti lumpuh mendadak, sampai-sampai aku juga tidak bisa bernafas. Rasanya seperti ikan menggelepar di daratan. Hal yang bisa dilakukan adalah aku berusaha menarik nafas dan menghembuskan nafas perlahan lahan, survival instinct untuk tetap bertahan, kuat dan semangat untuk bangkit dari kepahitan, kesedihan dan keterpurukan ini bahwa aku harus IKHLAS dan PASRAH.

 

Melepaskan yang memang harus dilepaskan.

Menjalani yang sudah dipilih untuk dijalani.

Tidak perlu berandai andai dan menciptakan  skenario untuk menghindar dari gelisahku sendiri 

Menurunkan ego dan menundukkan diriku sendiri bahwa tidak semua ksatria harus selalu mengagahkan diri.

Ada saatnya tahu kapan harus pulang ke rumah yang teduh dalam kesederhanaan dengan nyala cinta yang mungkin redup dan tipis tapi memberi kehangatan dan menyembuhkan luka.

Melepaskan jubah kebesaran hanya untuk kembali ke diri sendiri.

Menyadari dengan ikhlas dan pasrah bahwa tidak semua pertarungan harus dimenangkan. Tapi kembali ke rumah dan menemukan cinta adalah kemenangan yang nyata.

 

Segala kesulitan dan tantangan yang patut saya syukuri sebagai kesempatan untuk maju, mengenal diri untuk lebih mencintai dan memaafkan diri dan bukan sebagai suatu kegagalan. Refleksi diri akan hukum alam bahwa segala sesuatu tidak terlepas dari perubahan dan penderitaan sehingga keikhlasan hati mencairkan peran “prejudice dan fixation” 

 

Saya mengucap syukur dan berterima kasih sudah menjadi bagian dari keluarga Karmarati yang selalu memberi Rainbow Blessing untuk semuanya dimana semua program-programnya patut diikuti karena sangat bermanfaat dan mencerahkan. Sukses terus dan penuh dengan cinta kasih.

AJW

penulis

Jakarta

I have joined countless of Karmarati's workshops and programs, each I thought will best suited for my problems at hand.

 

Karmarati offers a chance to turn the tides; teaching me how to cope and understand the background of my problem, providing options for healing purposes, with all carry a goal of transformation. For me personally, consistency is a big challenge, and since transformation needs consistency in practice, I decided to join Chakra Energy Trainer Course (CETC) in 2017. 

 

The one module that helped big time is Module 1 “Asana and Awareness.” I learned to stay grounded and consistent. My eating addiction started to wear off and for the first time in my life, I became physically focused. The practice in this particular module able to open every blockages that made me mercurial and having a volatile outburst. It was the first step of transitioning into a better me and a chance of finding empowerment that I have lost.

Chandra Kuntjoro-Jakti

pengajar yoga full time

Jakarta

Mbak Thelma adalah salah satu guru yang masih saya ikuti sampai sekarang, karena dialah yang memberikan berbagai tools untuk mengenal diri saya sendiri. Bagi saya yang bertahun-tahun hidup dengan berbagai drama tidak penting, tools yang diajarkan di Karmarati ini ternyata adalah ilmu yang paling cocok bagi saya. Akhirnya pernyataan “find the answers within” bisa saya terapkan ke dalam diri saya. Karmarati bisa dikatakan adalah sanctuary saya, karena disitu saya belajar banyak dan bisa berdiskusi tanpa merasa sungkan karena takut salah atau malu karena dihakimi. It is truly a safe and sacred place for me. 

Vica Fransisca

profesional

Jakarta

Gratitude.. that's all that I can say.. 

 

Salah satu program yang berkesan untuk saya, yang membuat saya menganga karena proses inner searching selama program berlangsung adalah Chakra Energy Trainer Course (CETC). 

 

Saya menemukan perilaku konflik internal yang awalnya tidak dimengerti penyebabnya, tapi sekarang saya mengerti apa yang melatarbelakanginya. Penemuan ini membuat saya merasa lebih damai dalam menghadapi kondisi yang bersinggungan dengan perilaku tersebut. Dan saya mampu menerima juga lebih aware dalam menjalani kehidupan kedepannya.

 

Karmarati is a great part of my spiritual journey and it gives me a silver tool to find my true self and my purpose in life. 

 

"To accept, to explore and to discover myself."

 

It is still a long road to go, but one thing I know that I am on the right path.