The Crave, The Addiction

Updated: Feb 10

Menyambung dari artikel The Trap of Desperation, lalu bagaimana selanjutnya kita bergerak dari hubungan yang melibatkan gaslighting?





Segala sesuatu yang berlarut-larut dalam gaslighting relationship tidak bisa begitu saja diputuskan, dan di banyak cerita memerlukan bantuan khusus dari pihak lain untuk membantu menjernihkan pikiran penerima.


Mengapa? Karena situasi desperation itu ada sedikit karakter yang sifatnya adiktif, menagih. Pada waktu kita desperate atau craving for attention, lalu kemudian pelaku memberikan hal tersebut kepada, kita akan memiliki perasaan diterima, didukung, atau hype dan ingin mempertahankan perasaan-perasaan yang uplifting ini. Namun, perasaan uplifting ini pun dikontrol oleh orang lain maka perjalanan hubungannya pun melalui jatuh bangun bolak balik, sehingga membuat situasi itu menjadi adiktif, seperti menikmati roller coaster dalam relationship dengan dinamika yang sangat intens. Ini kadang tidak disadari oleh penerima karena sangat terbiasa dan cukup terikat dalam model hubungan seperti ini dan seperti memiliki misi untuk mengejar kekurangan. Menjalani hubungan ini mengeluarkan energi yang begitu besar. Energi ini lah yang bisa kita olah menjadi sumber pemenuhan kita sendiri.


Bagaimana sesuatu yang menyedot sebegitu banyak energi dapat kita alihkan menjadi sumber regenerasi diri.

Gaslighting sebetulnya dapat dilihat sebagai kesempatan untuk bertumbuh, sehingga awareness atau kesadaran mengenai bahwa saya punya sumber untuk meregenerasi kebutuhan saya adalah langkah dasar yang penting. Situasi ini bisa dijadikan pelajaran dan dapat dilampaui melalui berbagai macam cara.


Pertanyaan selanjutnya adalah apa cara yang paling tepat untuk saya? Bagaimana mengarahkan energi untuk menjadi sesuatu yang efektif bagi pertumbuhan saya sendiri? Dan apakah itu artinya saya harus memutuskan hubungan tersebut? Atau bagaimana meningkatkan strength dan courage untuk mengambil power itu kembali ke diri saya tanpa harus memutuskan hubungan tersebut?


This is the interesting part of the journey.

5 views0 comments

Recent Posts

See All