Trapped in Gaslighting?

The only way out is to walk away, period.

Mengapa hubungan yang melibatkan gaslighting bisa berlangsung lama dan tidak berujung? Banyak faktor tapi biasanya karena obyek memberikan reaksi dan respon terus-menerus, baik berusaha meluruskan situasi dengan berbagai cara yang reaktif atau membiarkan itu terjadi karena merasa sudah semestinya, terutama bila menempatkan subyek sebagai sosok yang lebih tinggi sehingga patut dihormati atau dipercayai.


Sebagai obyek, dalam situasi ini akan perlahan kehilangan power atas diri sendiri dan juga atas hidup sendiri. Relying on self menjadi berat karena terjebak dalam hubungan yang selalu di bawah kontrol dan keterikatan pada subyek, apapun itu bentuknya; approval, validasi, acceptance, praise, dan lain sebagainya.




I felt nothing I have tried did a good job for me.

Berdasarkan pengalaman pribadi, situasi bergulung mengenai realita buatan orang lain ini sangat melelahkan, seperti sebuah permainan yang kerap menyesatkan. Untuk akhirnya sampai pada titik, “I need to do something about this and it has to be me” membutuhkan waktu yang cukup lama. Waktu itu saya merasa bahwa ini sudah berlarut-larut dan saya merasa dipermainkan and I don’t like it. I felt nothing I have tried did a good job for me, jadi tidak ada cara lain yang paling efektif selain memutus koneksi tersebut. Dan memang itu terbukti paling ampuh sampai saat ini.


Walking away indeed needs courage, it’s part of taking back my life no matter how messy it has become afterward. But one thing for sure, there is always a new start out there when we open the door.


Read article The Trap of Desperation

6 views0 comments

Recent Posts

See All